Selasa, 13 Oktober 2015

Esai Hakikat Mahasiswa

Mahasiswa
Salam untuk kita para mahasiswa. Berbicara tentang mahasiswa tidak akan lengkap jika belum mengetahui makna dari mahasiswa itu sendiri. Dengan mengetahui makna mengenai mahasiswa maka akan lebih mudah untuk menggambarkan  apa saja yang berkaitan dengan Mahasiswa itu.

                Mahasiswa adalah seseorang yang telah menempuh pendidikan di tingkat SMA/SMK sederajad dan mulai menempuh ke dunia perkuliahan. Jadi mahasiswa memilki peranan yang sangat penting, dalam peran yang berkaitan dengan dirinya sendiri maupun dengan lingkungan di sekitarnya.Peran umum dari seorang mahasiswa pasti ialah belajar, mengikuti ujian kampus, dan berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik. Dan peran mahasiswa di lingkungan sekitarnya yaitu melalui keorganisasian.  Ketika kita berkumpul pada acara sambutan-sambutan yang di berikan oleh bapak rektor kemarin telah di jelaskan bahwa, mahasiswa merupakan “Agent Of Change”  yaitu mahasiswa sebagai pembawa perubahan bagi lingkungan dari kondisi social yang buruk menuju yang lebih baik.

                Menurut pendapat saya sekarang ini, banyak mahasiswa yang sangat kurang dalam menjadi agen perubahan bagi kalangan masyarakat kini, karena apa? Karena banyak kalangan mahasiswa sekarang ini yang terlalu sibuk untuk kepentingan diri sendiri, belajar di bidang akademiknya, bahkan kebiasaan “nongkrong bareng” yang tidak memiliki nilai tambah bagi dirinya sendiri, akibatnya  mahasiswa  tidak akan tergerak hatinya untuk meneliti keaadaan maupun kekurangan yang terjadi pada masyarakat sekarang, padahal kalangan muda dan masayarakat sangat menantikan gerakan-gerakan generasi muda yang bisa membangun semangat mereka sekarang ini.

                Dari penyampaian presentasi yang di berikan oleh para dosen-dosen pada kegiatan SpinITK pada tgl 11-13 Agustus 2015 kemarin ada 4 poin fungsi penting yang di miliki oleh mahasiswa:

a)      Agent of change ( sebagai agen perubahan )
Artinya di sini mahasiswa membantu untuk terjadinya perubahan. Siapa lagi selain kita para mahasiswa baru yang harus mampu menjadi generasi penerus yang lebih unggul. Dengan memberikan sebuah pendidikan dan pengetahuan pada masyarakat yang kurang, dan mengajak untuk bersosialisasi demi kesejahteraan bersama.

b)      Iron Stock ( Sebagai generasi Penerus masa depan )
Mahasiswa itu merupakan sebuah harta, cadangan, dan harapan bangsa masa depan sebagai generasi penerus berikutnya, karena para calon mahasiswa baru ini lah yang akan membangun masa depan Indonesia menjadi lebih cerah.

c)       Agent of social control ( sebagai penyampai kebenaran )
Mahasiswa sebagai control social yang peduli pada keadaan rakyat. Seperti penindasan dan ketidakadilan.

d)      Moral force ( Sebagai kekuatan moral )

Moral yang dimiliki mahasiswa itu di tuntut untuk dapat memberikan contoh teladan yang baik untuk yang lainnya terutama  kepada masyarakat. Agar menjadi tauladan yang lebih baik. Seperti mengadakan kegiatan kerohanian dan taman belajar.


Jadi mahasiswa merupakan roda sejarah sebagai penerus bangsa, karena mahasiswa merupakan harta dan harapan penuh pembangunan bangsa yang lebih maju, membuat sebuah perubahan yang positif. masyarakat membutuhkan mahasiswa yang berguna bagi bangsa dan Negaranya.

Tonton Video Mahasiwa Sebagai Agent of Change
            


1 komentar: